Kuliah di University of People

Mulai November ini saya resmi memulai kuliah di University of the People (UoPeople).

Adakah yang pernah mendengar tentang UoPeople? Saya pertama tahu tentang universitas ini dari videonya Nash Daily di sini dan ini. Awalnya, ya, sekedar tahu saja, tapi belakangan ini saya membutuhkan tantangan baru dan pingin sekolah lagi. Jadi setelah menimbang berbagai universitas, saya putuskan memilih universitas ini.

Apa kelebihan UoPeople dibanding yang lain? Seperti sudah dijelaskan Nash di videonya bahwa UoPeople: 100% online, free tuition (‘gratis’) dan American Accreditated University atau universitas yang sudah terakreditasi di Amerika. Saya beri tanda kutip pada kata ‘gratis’ karena UoPeople menggratiskan biaya-biaya yang biasanya dikeluarkan mahasiswa umumnya, seperti uang gedung, bayar KRS, dan lain-lain tapi kita masih harus membayar biaya dasar, yaitu:

  • Pendaftaran sebesar $60 atau Rp850.000.
  • Biaya ujian untuk Undergraduate (S1) sebesar $120 atau Rp1.700.000 serta $240 atau Rp3.400.000 untuk level Graduate atau Master Degree (S2).

Bagi mereka yang hanya ingin ikut kuliah tanpa mengikuti ujian juga bisa, dan artinya hanya perlu membayar uang pendaftaran tapi tentunya tidak bisa ikut ujian atau mendapatkan ijazah tanda kelulusan. Selain itu tersedia juga berbagai pilihan beasiswa walau tentu saja melalui proses seleksi yang ketat.

Saya mendaftar jurusan Master of Education (M.Ed) dengan perkiraan biaya sampai lulus sebesar $3180-$4140 atau sebesar Rp45-58 juta. Ketika pendaftaran kemarin saya sudah mencoba mengajukan beasiswa tapi belum lolos. Saya berencana mengajukan beasiswa lagi tahun depan.

Sebagai syarat mengikuti perkuliahan kita harus mengikuti kelas Bahasa Inggris, kecuali bagi mereka yang bisa menunjukkan bukti kemampuan berbahasa Inggris dengan melampirkan copy ijazah atau sertifikat terkait. Berikut informasi resminya:

Atau bisa juga melampirkan hasil tes Bahasa Inggris dari beberapa lembaga, sebagai berikut:

Saya sendiri memilih mengikuti kelas Bahasa Inggris karena memang ingin belajar secara langsung kelas menulis Bahasa Inggris untuk keperluan akademik.

Kelas ENGL 0101

Untuk mengikuti kelas English Foundation Course atau Kursus Dasar Bahasa Inggris dengan kode ENGL 0101 ini kita tinggal mendaftar di halaman muka UoPeople. Jadi nanti prosedurnya, setelah kita mendaftar, akan ada notifikasi di email kita yang menginformasikan ID dan password kita. Dengan ID tersebut kita bisa akses website UoPeople untuk melihat mata kuliah yang ditawarkan dan mendaftar course/kelas yang kita inginkan.

Untuk kelas ENGL 0101 ini selain mendaftarkan diri kita juga harus menyiapkan proctor (pengawas ujian). Jadi nanti di akhir perkuliahan akan ada ujian yang dilakukan secara online dengan diawasi pengawas ujian. Ada dua pilihan proctor: online atau offline. Kalau mau memakai online proctor, kita mesti mendaftar (link sudah tersedia di halaman UoPeople namun mereka berasal dari lembaga penyedia jasa proctor berbayar-bukan institusi di bawah Uopeople). sedangkan offline proctor, mesti kita cari sendiri dengan mengikuti syarat-syarat yang dicantumkan, di antaranya bukan anggota keluarga atau teman, orang yang memilik reputasi bagus, memiliki email, dan bersedia hadir mengawasi saat ujian dilaksanakan. Jika memakai jasa online proctor kita harus membayar (standarnya $25-30 per jam), sebaliknya untuk offline proctor kita dilarang membayar atau menawarkan kompensasi sejenis. Mungkin mereka khawatir jika ada bayaran akan memunculkan kemungkinan ‘kerjasama’ yang membuat hasil tes tidak bisa dipertanggungkan keasliannya.

Saya memilih offline proctor. Saya meminta rekan kerja suami saya yang juga bekerja sebagai dosen untuk menjadi pengawas ujian. Setelah orang tersebut setuju, saya mengisi form pengajuan offline proctor dengan memasukkan nama lengkap calon proctor, nomr telepon, alamat domisili, profesi dan alamat email. Setelah kita mengisi persyaratan tersebut, secara otomatis akan terkirim undangan ke calon proctor untuk menyatakan kesediaan mereka. Kalau proctor yang kita ajukan tidak menjawab/menerima email konfirmasi dari kampus UoPeople otomatis pengajuan proctor kita ditolak, yang artinya kita tidak terdaftar dalam kelas tersebut.

Saya mengalami pengalaman pahit ini. Pendaftaran saya ditolak karena masalah sepele: proctor yang saya ajukan tidak melihat email konfirmasi dari kampus. Karena tidak melihat otomatis dia tidak mengonfirmasi. Saya sendiri tidak mengingatkan calon proctor karena belum tahu prosedurnya. Setelah menerima email yang menyatakan kegagalan mendaftar kelas karena tidak ada konfirmasi dari proctor, saya baru kalang kabut. Saya segera koordinasi dengan Program Advisor (PA). Oya PA ini semacam dosen pembimbing kalau di Indonesia. Jadi dia yang akan membantu kita kalau ada masalah-masalah akademik. Kita akan mendapat PA begitu diterima menjadi mahasiswa di UoPeople. Singkat cerita PA mengabari saya kalau akan ada pembukaan pendaftaran lagi tepat 4 hari sebelum kelas dimulai. Saya pun menyambut gembira informasi tersebut, segera berkoordinasi dengan calon proctor dan mendaftar kali kedua. Alhamdulillah sukses.

Model Belajar di UoPeople

Saya baru memulai perkuliahan sejak 11 November 2021 atau 4 hari sebelum saya menulis artikel ini. Tentunya masih banyak hal baru dan saya juga masih dalam proses adaptasi. Bisa jadi tulisan ini kurang valid dan akan saya update di waktu yang akan datang. Namun setidaknya akan saya rekap proses yang saat ini saya jalani.

Model pembelajaran di UoPeople 100% online atau menggunakan sistem asinkronus. Jika sistem sinkronus berarti sistem komunikasi tatap muka di waktu yang sama maka asinkronus sistem komunikasi (baca: pembelajaran) yang dilakukan dalam waktu berbeda melalui media perantara. Media yang dipakai di UoPeople adalah Moodle. Kita tinggal join menggunakan ID dan password kita untuk website UoPeople (ID/password bisa sama bisa juga kita buat berbeda) dan otomatis kita akan terhubung dengan kelas yang kita ambil di semester tersebut.

Oya sebelum perkuliahan dimulai ada Student Orientation atau Orientasi untuk semua mahasiswa untuk mempelaajri model pembelajaran di UoPeople. Usahakan mengikuti Orientasi ini, sehingga kalian sudah siap saat perkuliahan dimulai.

Model belajar di UoPeople dibagi menjadi unit-unit, biasanya 1 course memiliki sekitar 9 unit. Satu unit diampu oleh 1 instruktur, dilaksanakan selama sepekan dan terbagi menjadi 5 aktivitas, yaitu Learning Guide, Discussion Forum, Written Assignment, Learning Journal, dan Self Quiz. Kelas (sesuai unit) akan dimulai dari Kamis sampai Rabu (waktu UoPeople).

Hari Kamis di pekan berikutnya, kelas akan membahas unit berikutnya. Artinya semua tugas di unit sebelumnya sudah selesai. Kita tidak bisa terlambat mengumpulkan tugas karena begitu berganti unit bahasannya sudah berbeda.

Saya akan bahas satu persatu deskripsi dari masing-masing aktivitas dalam satu unit.

  • Learning Guide (LG) berisi penjelasan topik yang dibahas dalam pekan tersebut. Ada judul unitnya, tujuan dan target di akhir pembahasan dan penugasan terkait topik tersebut.
  • Discussion Forum (DF) merupakan forum diskusi dari semua siswa. Instruktur akan memberikan penugasan pada semua siswa yang harus diunggah di DF. Lalu setiap siswa harus memberikan penilaian 1-10 pada 3 siswa lain dengan mengikuti panduan penilaian. Selain memberikan nilai, semua siswa juga wajib memberikan respon pada minimal 3 siswa lain. Dengan cara ini meskipun kelasnya memakai sistem asinkronus tetap ada interaksi antarsiswa.
  • Written Assignment (WA) merupakan penugasan menulis sesuai topik pekan itu. Kita harus mengunggah ttugas menulis dengan mengikuti panduan dari instruktur. Tugas WA kita ini juga akan dinilai oleh 3 teman lain, selain diperiksa oleh instruktur. Ada panduan sangat detil dalam memberikan penilaian, misalnya apakah tulisan tersebut menjawab pertanyaan yang merupakan tema dari WA? Ada tidaknya kesalahan tulis atau penggunaan grammar yang kurang tepat? Juga apakah susunan antarkalimat terpadu dan koheren?
  • Learning Journal (LJ) semacam catatan yang dibuat siswa di setiap unit. Biasanya ada panduan dari instruktur mengenai pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab dalm LJ. LJ ini merupakan proses untuk memastikan semua siswa memahami topik yang dibahas. Tugas LJ ini akan diperiksa langsung oleh instruktur.
  • Self Quiz merupakan latihan mengerjakan ujian. Setiap selesai 1 unit pertanyaan akan bertambah sesuai pembahasan di unit tersebut. Siswa bisa latihan menjawb pertanyaan-pertanyaan tersebut sampai ujian yang sebenarnya di akhir semester.

Jadi tidak ada kuliah langsung (sistem sinkronus) di UoPeople. Tidak ada zoom atau Google Meet. Semua bahan ada di Moodle dan bisa diakses kapan aja selama satu minggu. Respon-respon di DF dan WA juga bisa dilakukan dalam waktu satu minggu. Tapi sebaiknya tidak mengumpulan tugas di hari-hari yang mepet dengan Rabu karena artinya tidak akan cukup waktu bagi teman-teman untuk memberikan penilaian terhadap tugas-tugas kita.

Teman dari Berbagai Negara

Salah satu hal yang saya sukai dari kuliah di UoPeople ini adalah teman-teman dari berbagai negara. Di kelas ENGL 0101 yang saya ikuti, ada siswa dari Vietnam, Filipina, Bhutan, Jepang, Maroko, Nicaragua, Brazil, Bangladesh, Argentina, Afrika Selatan, Maroko, dan Haiti. Ada yang masih berumur 18 tahun dan baru mau memulai kuliah. banyak pula yang sudah selesai S1 dan mau ambil S2. Ada yang berprofesi sebagai pengacara, sarjana teknik, penerjemah, petugas kesehatan, dan lain-lain. Senang sekali mengetahui latar belakang mereka bergabung dengan UoPeople. Ada banyak cerita dan cita-cita. Dan semuanya bersemangat, ingin belajar dan menggapai sukses melalui UoPeople.

Instukturnya sendiri berasal dari Amerika tapi saat ini dia tinggal di Beijing, Cina. Saya membayangkan, posisi kami berjauhan, terpisah negara bahkan benua namun kami belajar bersama. Internet telah memupus jarak dan keterbatasan.

Untuk saat ini baru itu cerita-cerita dari UoPeople. Tunggu cerita-cerita seru selanjutnya ya…! 🙂

2 thoughts on “Kuliah di University of People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s