Hore…Libur Sepekan!

Apa kabar semua? Apakah ada yang kangen dengan tulisan-tulisanku? 🙂

Tiga bulan terakhir aku sedang sangat sibuk sekolah. Sebagaimana postinganku terakhir mengenai UoPeople, alhamdulillah dengan penuh perjuangan aku lolos mata kuliah Englih 0101 yang menjadi syarat menjadi mahasiswa UoPeople. Dan semester kemarin adalah semester pertama dari jenjang S2 Master of Education in Advance Teaching di UoPeople.

Kuliahnya seperti apa? Pasti santai ya, karena online?

I wish…

Kenyataannya?

Setiap pekan ada tugas posting topik diskusi, kurang lebih sehalaman dengan tema yang sudah ditentukan. Tidak sekadar posting seperti di FB yang bisa santai dan suka-suka kita, postingan di Forum Diskusi mesti sesuai dengan tema, memakai kaidah tulisan akademik, dengan mencantumkan referensi. Setelah posting, kita harus merespon setidaknya 3 postingan teman sekelas. Responnya juga nggak sesuka kita, ada bagian-bagian yang harus diperhatikan, misalnya apakah postingan tersebut sesuai dengan topik yang dibahas. Ada kritikan/masukan nggak, juga dengan mencantumkan referensi (jika ada).

Lalu ada tugas menulis (Writing Assignment) setiap pekan. Untuk menulis 1 paper, kurang lebih 3 halaman, aku mesti membaca referensi, setidaknya 1 referensi yang direkomendasikan instruktur, 2 referensi lain. Buat para mahasiswa yang sudah terbiasa, mungkin tugas ini relatif mudah, tapi kalau buatku. Hiks, awal-awal aku butuh 3 hari-an buat nulis satu paper.

Ini contoh tugas Writing Assignment

Satu lagi tugas pekanan, namanya menulis portofolio (Portfolio Activity). Ini semacam paper tapi ada unsur personalnya. Jadi kita merefleksikan materi yang sedang dipelajari pekan tersebut, mengaitkannya dengan pengalaman pribadi, lalu membuat semacam refleksi. Awal-awal aku bingung banget ngerjain tugas ini. Karena selama kuliah di UGM, tidak ada tugas model seperti ini. Apalagi waktu itu belum kenal sama perkumpulan mahasiswa UoPeople yang dari Indonesia, jadi tidak ada tempat bertanya. Dua kali mengerjakan tugas, nilaiku 5 dan 6 dari range nilai 1-10. Alhamdulillah pelan-pelan belajar, memperbaiki tulisan, akhirnya di pekan ke-3 dan seterusnya nilai bisa naik ke 9 dan 10. Yeyey, alhamdulillah.

Kuliah di UoPeople ini jauh berbeda dengan online school yang kubayangkan atau yang biasa kita ikuti di Indonesia. Di UoPeople, setiap pekan diawali dengan Kamis. Tiap hari Kamis, semua material di unit baru bisa diakses dan semua link tugas di pekan sebelumnya otomatis tutup. Jadi yang terlewat mengumpul tugas pekan lalu, wassalam deh! Ada pengantar topik, deskripsi, tujuan, dan target yang akan dicapai di akhir unit. Lalu ada daftar bacaan, kadang hanya 3 paper/buku tapi tak jarang sampai belasan artikel, paper, buku, hasil penelitian, video. Daftar bacaan tersebut selalu berhubungan dengan tugas kuliah, baik postingan di Forum Diskusi, Writing Assignment , atau Portfolio Activity. Jadi wajib dibuka dan dibaca walaupun mungkin tidak semua kita jadikan referensi mengerjakan tugas.

Ini daftar isi setiap unit, lalu kalau di-klik ‘Learning Guide’ nya akan keluar tampilan seperti di bawah ini:

Lalu ada tugas me-review tulisan teman. Dulu, pas masih SD aku sering juga mengoreksi tugas teman sebangku, tapi biasanya sederhana, seperti hasil perhitungan, atau jawaban pendek. Tugas peer-review yang di UoPeople ini, konspenya sama, tapi tentu lebih rumit. Setiap pekan, ada 3 tulisan teman sekelas yang harus kita review. Kita tidak bisa memilih, secara otomatis sistem di Moodle (nama aplikasi online learning yang dipakai UoPeople) akan memilihkan 3 tulisan tersebut. Di tulisan tersebut tidak boleh ada namanya, jadi kita tidak tahu tulisan siapa. Dalam me-review kita mesti merujuk pada acuan (rubric), jadi tidak seenaknya saja memberi nilai. Kita akan membaca dan memberikan penilaian, apakah tulisan teman kita sudah sesuai dengan acuan (rubric), dan jadi standar kita memberikan nilai 0-10. Selain memberikan nilai mesti kita kasih penjelasan kenapa kita berikan nilai tersebut.

Jadi kalau di total, setiap pekan ada 3 tugas menulis, 3 tugas memberikan komentar di Forum Diskusi, 3 peer-review, yang kalau ditotal ada 9 tugas. Kalau ambil 2 mata kuliah seperti semseter lalu, jadi per pekan ada 18 tugas, belum ditambah alokasi waktu membaca referensi!

Rasanya, pingin nambah hari dalam sepekan. Karena 7 hari nggak cukup buat mengerjakan tugas-tugas itu. Aku pernah nggak tidur semalaman, karena semua tugas harus selesai di hari Rabu tengah malam (kecuali Portofolio bisa sampai Kamis). Sering juga ku begadang sampai jam 12 malam. Pekan lalu, karena saking pinginnya kemping, aku begadang mengerjakan tugas sampai jam 3 dini hari, tanpa tidur sama sekali, terus langsung berangkat ke Cibodas. Jadi aku tidurnya di mobil doang dalam perjalanan dari Cikarang ke Cibodas!

Rasanya tidak percaya, pas semester 1 selesai, dan aku bisa lulus dengan nilai yang jauh lebih tinggi dari yang kubayangkan sebelumnya. Yang lebih penting lagi aku bener-bener merasa belajar, aktif, dan kerja keras. Di UoPeople ini nggak ada zoom meeting, atau kelas online. Semua mahasiswa mesti aktif belajar sendiri dan mengerjakan tugas yang mellaui dua proses tersebut kita belajar. Ada juga proses belajar bareng di Forum Diskusi dan peer-review. Ditambah tugas kelompok yang ‘memaksa’ mahasiswa belajar bareng dan bekerja sama.

Mengerjakan tugas kelompok itu tantangannya juga bermacam-macam, lho. Di antaranya teman-teman dari berbagai negara yang beda zonasi waktu. Sebagai contohnya, jam-nya tidur di Indonesia adalah waktu siang di Amerika. Kondisi mereka juga beragam, rata-rata pekerja yang artinya di hari dan jam kerja pasti mereka sibuk bekerja. Ada juga teman yang sedang sakit, sedang hamil, sedang di luar kota, dan masih banyak lagi. Semua tantangan itu harus dikompromikan agar tugas kelompoknya bisa selesai dikerjakan. Tapi, asyik, sih, kita jadi lihat bahwa setiap kerja kelompok pasti ada juga orang yang inisiatif, rajin, pasif, dan mereka yang hanya datang menjelang tugas dikumpulkan. Hehe.

Yang paling aku sukai dari UoPeople ini, kurikulumnya bagus, mencakup semua aspek dari mata kuliah tersebut. Perspektifnya luas, tidak terbatas satu sudut pandang tapi dari berbagai sisi. Teman-teman kuliahnya dari berbagai belahan dunia, sehingga kita bisa melihat praktek pendidikan di tiap negara. Instukturnya rajin (ini tergantung mata kuliah, sepertinya, tapi alhamdulillah 2 mata kuliah yang kuambli kemarin, instrukturnya rajin dan merespon dengan cepat jika ada masalah). Sistemnya bagus, meskipun tugas kuliahnya banyak dan berat, pada dasarnya bisa diikuti karena semua instruksi dan aturannya jelas.

Tapi memang berat banget. Buat ibu rumah tangga, yang sesekali ngajar les English di rumah, aku keteteran banget. Sejak kuliah di UoPeople, nggak pernah ada waktu nonton Drakor santai-santai. Hehe. Jarang masak. Jarang ikut kumpul-kumpul acara RT. Semua waktu kupakai unuk membaca referensi dan mengerjakan tugas kuliah.

Makanya, ketika pekan ini ada libur sepekan, rasanya senang banget. Baru terasa bahwa waktu luang itu berharga. Kangen Drakor, akhirnya nonton Twenty Five Twenty One, baru sampai episode 4. Salah satu pesan dari drakor ini adalah selalu semangat, jangan takut bermimpi, jangan menyerah pada kegagalan. Kok, nyambung dengan pengalaman kuliah di UoPeople semester lalu.

Terus terang, lho, tidak mudah mengerjakan tugas bejibun, dengan segala kesibukan di rumah. Kadang aku down, ngapain, sih, kok cari susah sendiri. Kuliah juga tidak ada yang nyuruh, bayar sendiri lagi! Kalau malam kurang tidur, pagi-pagi mesti sudah bangun dan ngerjain tugas lagi. Tidak bisa santai-santai. Sudah gitu, nilai-nilai kadang jelek.

Sering juga sudah baca paper berkali-kali, tetap nggak paham. Kenapa, sih, susah sekali memahami Bahasa Inggris. Atau mengerjakan tugas menulis, bahasanya belibet, akunya yang nulis aja susah paham gimana yang baca. Rasanya, seperti orang yang paling bodoh di dunia karena nggak paham isi tugas, ngerjain tugas sederhana aja butuh waktu lama, dan waktu semakin pendek.

Yang aku syukuri, seperti tokoh Na Hee-Do yang bermain anggar karena suka, aku juga belajar karena suka. Meskipin aku ngomel-ngomel, kadang nangis karena nggak paham-paham juga dengan maksud tugas, bahan bacaan, dan stuck saat nulis, tapi nanti aku pasti bangkit lagi. Coba lagi. Nulis lagi, pelan-pelan. Sampai akhirnya selesai juga tugas satu persatu. Dan tiap selesai satu tugas, ada sebuah kebahagiaan tersendiri.

Dua pekan yang lalu, saat aku kena covid, itu juga perjuangan banget mengerjakan tugas kuliah. Jadi di UoPeople ini aturan untuk minta perpanjangan waktu mengerjakan tugas, rumit sekali. Mesti melampirkan surat keterangan dokter. Suami sebetulnya sudah berkali-kali menyarankan untuk ijin, tapi akunya males ngurus. Dan kubayangkan, kalaupun dapat ijin perpanjangan waktu pas pekan itu, pasti pekan depannya aku bakal kerepotan sendiri dengan tugas yang menumpuk. Jadi, di pekan aku sakit itu, kupaksakan tetap mengerjakan tugas kuliah. Kadang sambil tiduran, kadang duduk sebentar, habis itu berbaring lagi karena pusing. Kadang tidur dulu beberapa saat, terus bangun ngerjain tugas. Mungkin karena ada tekad dan kemauan, alhamdulillah selesai juga. Dan 2 tugas paling berat pekan itu mendapat nilai 9.3 dan 10. Alhamdulillah..

Aku selalu merasa menjadi muda jika sedang sibuk mengerjakan sesuatu. Ini juga yang aku tangkap dari Twenti Five Twenty One, bahwa anak muda adalah mereka yang berani bermimpi, mencoba, dan tidak takut gagal. Selama tinggal di US lalu aku juga sering menyaksikan para pensiunan, umurnya sudah 50 bahkan 60 tahun, yang mulai kuliah lagi atau mencoba menggeluti bidang baru, entah karena hobi atau pekerjaan. Aku merasa orang-orang di Amerika berumur lebih panjang karena mereka selalu ‘muda’. Dalam arti berani terus bermimpi, mencoba hal baru, terus berkembang, dan dinamis. Prinsip itu yang kuikuti dan semoga bisa terus kutumbuhkan dalam diri. Bahwa tidak peduli umur berapa, tidak ada kata terlambat untuk mencoba hal yang baru, jika memang kita suka dan hal tersebut baik serta membawa kabaikan.

Jadi, ayo terus menjadi anak muda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s