Link Buku dan Cerita Anak Gratis

Ingin membacakan buku untuk anak tapi terkendala koleksi? Atau mau membelikan buku untuk hati tapi kantong tipis? Jangan khawatir, saat ini banyak website yang menyediakan buku-buku bagus dan gratis. Berikut beberapa rekomendasinya. Bisa langsung klik untuk menuju website masing-masing, ya!

Let’s Read

Proyek buku online ini diinisiasi oleh The Asia Foundation dengan melibatkan banyak lembaga dan praktisi di Asia. Buku-bukunya dipilih dengan cermat, mewakili budaya setempat, dengan ilustrasi dan penceritaan apik, sesuai dengan usia pembaca. Tersedia buku dengan 48 bahasa (termasuk bahasa daerah), di antaranya bahasa Indonesia, Jawa, Melayu, Minangkabau, Batak dan masih banyak lagi. Tersedia juga aplikasi ini untuk memudahkan membaca e-book melalui ponsel.

Literacy Cloud

Merupakan website berisi buku digital dan video membaca nyaring di bawah ‘payung’ ‘Room to Read’, organisasi nirlaba yang berkantor pusat di San Fransisco, California. Seperti Let’s Read yang menawarkan buku beragam bahasa, Literacy Cloud juga menghadirkan koleksi buku dengan 20 pilihan bahasa, di antaranya Arab, Inggris, Bahasa Indonesia, Filipino, Urdu, dan lain-lain.

Buku Digital Kemdikbud

Saya belum lama memanfaatkan website ini. Isinya cukup lengkap dan menarik. Ada banyak pilihan buku digital dengan pilihan 3 bahasa: Indonesia, Inggris, dan Daerah. Ada juga pilihan buku berdasar jenjang PAUD, TK, SD Kelas bawah (1-3), SD kelas atas (4-6), SMP, SMA dan Umum. Kita juga bisa memilih buku berdasar temanya, misalnya Tokoh Indonesia, Petualangan, Alam dan Lingkungan, dan lain sebagainya. Oya ada juga koleksi audio berisi rekaman pembacaan buku yang mengingatkan saya saat mendengar cerita di radio puluhan tahun silam. Ada back sound musiknya juga, lho!

E-Book Gerakan Literasi Nasional (GLN)

Buku bacaan di website ini dibagi dalam 3 kelompok besar, yakni GLS (Gerakan Literasi Sekolah), GLK (Gerakan Literasi Keluarga), dan GLM (Gerakan Literasi Masyarakat). Kita tinggal pilih salah satu buku. Saat kita klik gambar buku, layar laptop atau hp kita akan diarahkan pada buku berbentuk PDF. Berikut tampilannya:

Bacaan Literasi 2019

Terdapat 135 koleksi yang secara khusus dibuat oleh Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cerita Rakyat Nusantara

Website ini secara unik menyajikan cerita-cerita rakyat, khususnya asal usul suatu daerah. Di bagian atas halaman muka sudah ada pilihan 34 provinsi. Kita tinggal klik nama provinsinya dan akan muncul pilihan aneka cerita. Gambar di bawah ini adalah contoh cerita rakyat di Yogyakarta.

Rumah Kurcaci Pos

Website ini lebih seperti kumpulan cerita pendek (cerpen) anak. Sebagain besar (atau malah semua-saya belum baca semua) cerpen anak di website ini sudah dimuat di majalah Bobo. Saya seperti nostalgia saat membaca cerpen-cerpen di sini karena saat masih kecil saya suka sekali membaca majalah Bobo. Website ini juga bisa menjadi alternatif bacaan untuk anak usia SD yang sudah lancar membaca sendiri.

Selamat membaca!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s